Facebook ternyata secara diam-diam menghapus fitur untuk registrasi Messengger tanpa akun Facebook, dikonfirmasi via VentureBeat sebelumnya, pengguna baru yang menggunakan aplikasi Messenger atau Messenger Lite dapat memilih untuk menggunakan nomor telepon mereka sebagai user pengganti akun.

Beberapa pengguna Messenger tanpa akun Facebook melaporkan bahwa transisi belum berjalan dengan lancar. Mungkin karena bug, mereka mengatakan telah menemukan pesan kesalahan yang menunjukkan bahwa akun mereka telah dibatasi.

Sementara itu, juru bicara Facebook merilis pernyataan terkait penghapusan sign-up nomor telepon. Pernyataan tersebut dirilis melalui sebuah email publikasi.

Jika kalian baru mengenal Messenger, kalian butuh akun Facebook untuk menggunakannya,” kata juru bicara Facebook.

Apabila kalian pengguna Messenger yang login tanpa akun Facebook, maka kalian tidak perlu melakukan apa pun,” sambungnya.

Perubahan itu mungkin suatu antisipasi yang akan datang dari berbagai properti aplikasi pesan facebook, yang mencangkup WhatsApp dan Instagram serta Messenger. The New York Times melaporkan pada bulan Januari bahwa infrastruktur teknis yang mendasari ketiga layanan ini akan diintegrasikan, lebih dari tigal miliar orang di seluruh dunia berkomunikasi. (WhatsApp memiliki lebih dari 1,5 miliar pengguna aktif setiap bulannya, sementara Messenger dan Instagram masing-masing lebih dari 1,3 miliar dan 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya.)

Bisa jadi langkah yang diambil Facebook ini dengan menghapus fitur sign-up nomor telepon di Messenger secara tidak langsung, Facebook ingin menambah jumlah penggunanya. Kenapa ? karena pengguna baru harus memiliki akun Facebook terlebih dahulu untuk bisa menggunakan Messenger

Mengingat saat ini aplikasi chatting yang menawarkan kemudahan penggunaannya seperti WhatsApp. Kita juga bisa menggunakan aplikasi tersebut secara gratis hanya dengan mendaftarkan nomor telepon saja.