Kemdikbud Bermitra dengan Netflix Untuk Majukan Perfilman Indonesia

0
9

Waw ada kabar baik untuk kalian yang lagi belajar buat film, atau yang mau meniti karir di bidang perfilman. Neflix mengadakan program untuk mendukung perfilman di Indonesia dan sudah mendapat dukungan dari Kemdikbud RI. Bagaimana dengan Kominfo?

Seperti yang kita ketahui Netflix merupakan layanan streaming film dan film serial paling populer saat ini. Bahkan beberapa filmmaker kelas atas sudah merilis film di Neftlix. Misalnya Martin Scorsese dengan The Irishman atau Coen Brothers yang merilis The Ballad of Buster Scruggs.

Kemitraan Kemdikbud dengan Netflix

Melihat pesatnya perkembangan teknologi internet bersama layanan streaming, tentunya dukungan Kemdikbud RI untuk program Netflix di Indonesia sangat berarti. Karena selain bisa belajar membuat film, filmmaker Indonesia semakin berkesempatan menunjukkan gigi di kancah internasional. Seperti Timo Tjahjanto dengan The Night Comes for Us yang rilis di Netflix.

Berdasarkan tulisan postingan dari Netflix Indonesia, ada beberapa pokok program yang membantu pertumbuhan perfilman:

  1. Workshop proses pembuatan film, mulai dari penulisan sampai tayang – bersama tim Netflix di Jakarta dan Hollywood.
  2. Kompetisi film pendek.
  3. Online Safety Training Program.
  4. Agile Governance workshop bersama World Economic Forum.

Tweet dari Netflix tersebut juga menyertakan dukungan Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. Beliau menyatakan “Kami mengapresiasi Netflix yang memberikan dukungan terhadap pertumbuhan perfilman Indonesia. Kemitraan ini kita lakukan sebagai upaya mendukung dan menginternasionalkan produksi film anak bangsa.”

Akses Netflix di Indonesia

Sangat disayangkan, kehadiran Netflix di Indonesia sendiri masih berada di grey area. Walaupun Netflix sudah menyesuaikan tarif berlangganan sehingga relat murah di Indonesia, akses streaming film Neflix belum menyeluruh. Untuk bisa streaming film Netflix di Indonesia, ada effort yang harus kalian lakukan seperti :

  1. Pakai operator selain dari Telkom Group.
  2. Pakai VPN.
  3. Pakai Proxy.

Untungnya, beberapa provider sudah menawarkan paket kuota yang cukup besar dengan harga terjangkau.

Kita harapkan dengan bermitranya Kemdikbud dengan Netflix ini bisa membantu Kominfo untuk mengubah pendiriannya. Menteri Kominfo Johny Gerald Plate menyatakan kalau jalan keluar soal masalah Telkom Group dan Neftlix adalah dengan duduk bareng dan membicarakan masalah kenapa telkom memblokir Netflix. Lalu beliau juga menghimbau agar Netflix menggunakan kreativitas di Indonesia dan meminta tayangan Netflix Original tidak ditayangkan di Indonesia via CNBC Indonesia.

Semoga bukan politik bisnis ya kawan-kawan 🙂

Previous articlePanduan Hero Lylia Mobile Legends – Bang Bang
Next articleDaftar Kode Netflix untuk Temukan Film Khusus
Menulis artikel itu tidak serumit yang kita bayangkan, cukup meluangkan waktu sejenak dan menentukan tema yang hendak saya tulis, lalu biarkan jari saya menari di atas keyboard dan mengalirkan semua apa yang ada dan terlintas di kepala saya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here